Wanagiri-Dinas Perikanan Kab. Tabanan laksanakan kegiatan sosialisasi pelaksanaan Surat Edaran Bupati Tabanan tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) corona virus disease 2019 di Desa Wanagiri, Kec. Selemadeg Minggu (3/10/2021)

Kegiatan sosialisasi kali ini dipimpin oleh Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan pada Dinas Perikanan Kab. Tabanan, I Gst Arya Setiawan dengan anggota tim I Made Suarcaya yang sehari-hari bertugas sebagai Kasi Sarana Prasrana Kenelayanan, I Nym Adhi Sunia, Kasubag Umum Kepegawaian dan I Made Muliana perwakilan dari Dinas Kebudayaan Kab. Tabanan.

Tiba di lokasi, tim sosialisasi diterima oleh Sekretaris Desa Wanagiri, I Wayan Binawan di Kantor Desa setempat. Usai perkenalan dan pemaparan sekilas mengenai situasi dan kondisi selama masa pandemi covid 19 di desa Wanagiri acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi sosialisasi oleh  I Gst Arya Setiawan.

Dalam penyampaiannya, Pria yang akrab disapa aji Setiawan tersebut menyampaikan tentang tujuan kegiatan  yang dilaksanakan yaitu untuk menyebarluaskan informasi mengenai surat edaran Bupati Tabanan no. 517/18/BPBD, surat edaran bersama PHDI Prov. Bali dan surat edaran  Majelis Adat Prov. Bali tentang pembatasan pelaksanaan Upacara Panca Yadnya dalam Masa Gering Agung Covid-19 di Provinsi Bali kepada masyarakat yang sedang dan akan melaksanakan upacara yadnya di Kabupaten Tabanan.

I Gst Arya Setiawan menekankan pentingnya bagi setiap orang untuk mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah dan mengurangi resiko penularan dan penyebaran virus corona. Dia menambahkan dalam penyampaiannya, “Pola 5 M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas sangat penting untuk tetap dilaksanakan walaupun saat ini Kabupaten Tabanan tingkat penyebaran kasus penyebaran covid 19 sudah turun ke level III dari sebelumnya level IV. Masyarakat jangan larut dalam euphoria hingga menyebabkan timbulnya klaster baru  dalam penyebaran covid 19” imbuhnya.

I Wayan Binawan, Sekretaris Desa Wanagiri dalam tanggapannya menyampaikan langkah-langkah yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Wanagiri dalam menangani wabah covid 19 di wilayahnya selama lebih dari setahun belakangan ini. Upaya yang dilakukan oleh pihaknya disinergikan dengan kegiatan penanggulangan covid yang dilaksanakan oleh pihak Desa Adat yang ada di Desa Wanagiri.

Sekdes yang sebelumnya sempat mengenyam pendidikan di Malang ini menambahkan dalam upaya pencegahan penyebaran dan penularan pihak Desa dan Adat di Wanagiri bersinergi dalam menyiapkan sarana prasarana berupa tempat cuci tangan portable yang bisa dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan, hand saitizer bagi warga yang menyelenggarakan upacara yadnya serta secara rutin melaksanakan disenfektasi pada tempat-tempat umum.

Sementara dalam penanggulangan dampak pandemi pihak Pemerintah Desa dan Adat di Wanagiri telah menyalurkan bantuan berupa sembako bagi warga yang terdampak. Sembako yang disalurkan berupa beras dan telur dengan jumlah yang dihitung secara proporsional disesuaikan dengan kebutuhan dan jangka waktu dampak yang dialami oleh warga.

I Wayan Binawan juga menambahkan bahwa pihaknya selama ini selalu menyampaikan kepada warga Desa Wanagiri tentang aturan PPKM selama masa pandemi baik secara langsung dengan mendatangi warga yang melaksanakan hajatan maupun melaui pengumuman-pengumuman tertulis yang dipasang di posko tangguh dewata yang telah dibentuk di Desa Wanagiri.

Kegiatan sosialisai PPKM di masa pandemi covid 2019 di Desa Wanagiri berlangsung dengan lancar.  Acara diakhiri dengan sesi foto bersama di halaman depan kantor Desa Wanagiri. Usai acara, tim sosialisasi kembali ke posko induk di halaman kantor Bupati Tabanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *