Jaga Kebersihan Lingkungan, Diskan Tabanan Gelar Penyemprotan Disinfektan

Jaga Kebersihan Lingkungan, Diskan Tabanan Gelar Penyemprotan Disinfektan


Diskan Tabanan– Rabu, (19/3) melaksanakan giat penyemprotan disinfektan dan bersih-bersih di lingkungan kantor Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 07.30 wita tersebut dipimpin langsung oleh Kadis Perikanan, A.A Raka Icwara yang didampingi oleh Sekdis Perikanan IGN Triana serta semua pejabat eselon III dan IV di lingkup Diskan Tabanan.

Seperti yang disampaikan oleh Kadis Perikanan, kegiatan penyemprotan disinfektan di lingkungan kantor Diskan Tabanan dilakukan sebagai upaya preventif untuk membatasi kelangsungan hidup kuman dan bibit penyakit yang dapat merugikan kesehatan manusia.

Sementara itu  Sekdis Perikanan, IGN Triana menyampaikan selain untuk menjaga dan meningkatkan kebersihan lingkungan kantor, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak dan menggugah kesadaran seluruh pegawai Diskan Tabanan dan Masyarakat sekitar untuk terus menjaga pola hidup bersih dan mau melaksakan penyemprotan secara swadaya.

“Melihat perkembangan situasi akhir-akhir ini, kami menghimbau kepada seluruh karyawan karyawati di lingkungan Dinas Perikanan Tabanan untuk selalu menjaga kebersihan dan pola hidup sehat serta melaksakan penyemprotan disinfektan secara swadaya di lingkungannya masing-masing” demikian ungkapnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Kade Artina, Kabid Pemberdayaan Pembudidaya Ikan di Diskan Tabanan menjelaskan lebih lanjut mengenai cara pembuatan cairan disinfektan yang digunakan untuk penyemprotan. Menurutnya biaya pembuatan disinfektan tersebut tidak mahal dan bahan-bahannya bisa didapatkan dengan mudah.

Salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai campuran disinfektan dapat menggunakan bleaching atau pemutih pakaian yang mengandung sodium hypochlorite (natrium hipoklorit) dengan konsentasi 5.25% yang banyak dijual di warung dan toko-toko sekitar. Proses pembuatannnya pun sangat gampang yaitu tinggal mencampurkan pemutih pakaian tersebut kedalam air bersih dengan perbandingan 1:9.

Terpantau di lokasi kegiatan, penyemprotan disinfektan dilakukakan pada seluruh gedung perkantoran dan areal layanan publik yang ada di Diskan Tabanan. Selain melakukan disinfektasi, Dinas Perikanan juga menyediakan hand sanitizer dan sabun cuci tangan sebagai anti septik bagi pegawai dan tamu yang berkunjung.