Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan Kenalkan Kripik Belut dan Keben Dari Kulit Kerang di Pasar Murah

Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan Kenalkan Kripik Belut dan Keben Dari Kulit Kerang di Pasar Murah


Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Tabanan semakin gencar memperkenalkan produk olahan hasil perikanan baik yang konsumsi maupun non konsumsi yang ada di Kabupaten Tabanan. Salah satunya dengan cara ikut serta dalam pasar murah yang digelar oleh Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Tabanan dalam rangka menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan bertempat di Sebelah Selatan Gedung I Ketut Maria Tabanan, dari tanggal 11-13 Februari 2020.

Dalam pasar murah ini, Diskan Kabupaten Tabanan mengenalkan produk olahan berupa Kripik Belut yang dibuat oleh Pokhlasar Taman Griya dan produk non olahan berupa keben dari kulit kerang yang dibuat oleh Pokhlasar Bali Kerang. Dalam kesempatan ini, Diskan Tabanan menjual Kripik Belut dengan harga Rp. 45.000,- per 250 gram. Harga tersebut terbilang murah bila dibandingkan dengan produk serupa dengan kualitas yang sama. Untuk Keben kecil dari kulit kerang dijual dengan harga Rp. 100.000,- per biji. Harga Harga tersebut jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga di pasaran yaitu Rp. 130.000 per biji.

Tidak hanya Diskan Tabanan, ada juga beberapa instansi yang ikut memeriahkan pasar murah ini seperti Bulog yang menjual beras, bawang merah, bawang putih, minyak dan tepung yang dijual murah dengan harga Rp. 28.000,- per kilogram untuk bawang merah dan Rp. 24.000 per ½ kilogram untuk bawang putih. Harga tersebut jauh lebih murah bila dibandingkan dengan di pasar dimana bawang merah dijual berkisar Rp. 40.000 per kilogram dan bawang putih dijual berkisar Rp. 60.000 per kilogram.

Pertamina juga berpatisipasi mengikuti pasar murah dengan menyiapkan tabung gas elpiji 3 kg yang dijual dengan harga Rp. 14.000 per tabung. Harga tersebut jauh lebih murah bila dibandingkan dengan harga di pasaran yaitu Rp. 20.000 per tabung.