Dukung Program Tabanan Sebagai Kabupaten Layak Anak

Dinas Perikanan Bagikan Paket Menu Gizi Seimbang

Serangkaian Penyerahan Bantuan Hidroponik Program CSR PT Astra Daihatsu Motor

di Sekolah Adiwiyata SDN 1 Mambang



Seltim- Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan laksanakan giat kampanye Gerakan Gemar Makan Ikan (GGMI) untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terutama anak – anak usia dini mengenai pentingnya mengkonsumsi ikan sebagai salah satu bahan pangan bernutrisi di SDN 1 Mambang, Selemadeg Timur pada Rabu (16/10).

GGMI merupakan salah satu kegiatan yang ada di Diskan Tabanan yang diselaraskan dengan program Pemkab Tabanan  sebagai Kabupaten Layak, sesuai dengan klaster-klaster yang tercantum dalam kriteria Kabupaten/ Kota Layak Anak terutama dalam bidang klaster Kesehatan dasar dan kesejahteraan  serta klaster Pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan budaya.

Berbeda dengan acara GGMI yang rutin dilaksanakan sebelumnya, kali ini kegiatan Gerakan Gemar Makan Ikan di SDN 1 Mambang ini dirangkaikan dengan penyerahan paket bantuan instalasi hidroponik dari program CSR PT. Astra Daihatsu Motor Cokro.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan meriah penuh keceriaan anak – anak siswa SDN 1 Mambang tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Perikanan Tabanan A.A. Ngr Raka Icwara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup I Made Subagia, Kepala Dinas Pendidikan I Nyoman Putra, Camat Selemadeg Timur I Putu Adi Supraja, PJ Perbekel Desa Mambang, Kepala Sekolah SDN 1 Mambang, Penyuluh Perikanan Kecamatan Selemadeg Timur, dan Perwakilan Manajemen Astra Daihatsu Cokro

Mengawali acara, Camat Selemadeg Timur, I Putu Adi Supraja menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh undangan yang hadir dalam kesempatan tersebut. Setelah  menjelaskan secara singkat mengenai potensi dan kondisi di wilayah Kecamatan Seltim, I Putu Adi Supraja kemudian menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan GGMI dan penyerahan bantuan instalasi hidroponik dari PT. Astra Motor Cokro di SDN 1 Mambang, sembari mengharap kegiatan sejenis agar dapat terus dilakukan di tempat lainnya di Kecamatan Selemadeg Timur.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan,  I Nyoman Putra. Senada dengan Camat Seltim, Kadis Pendidikan  mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang turut berperan aktif mendukung program pendidikan di SDN 1 Mambang. Menurutnya tanggung jawab pendidikan anak-anak tidak bisa semata-mata diserahkan begitu saja kepada pihak sekolah.”Semua pihak bisa berperan dalam peningkatan pendidikan anak-anak baik secara langsung maupun tidak langsung,” demikian jelasnya. Khusus untuk kegiatan GGMI yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan Tabanan di SDN 1 Mambang menurutnya adalah sesuatu yang sangat istimewa karena disamping untuk mengajarkan anak mengenai pola makan yang baik, anak-anak juga dilatih untuk berkreasi dan diajak bersenang-senang secara kreatif.

Kadis Perikanan A.A. Ngr Raka Icwara, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa tujuan utama kegiatan GGMI ini adalah untuk mengedukasi anak-anak mengenai pentingnya mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi berimbang. Ikan sebagai salah satu bahan pangan merupakan pilihan yang baik karena harga yang terjangkau, ketersediaan stock di pasaran cukup tinggi serta dapat diolah menjadi berbagai menu olahan yang sangat digemari oleh anak-anak.

Selain hal diatas A.A. Ngr Raka Icwara juga menambahkan bahwa dalam kegiatan Gerakan Gemar Makan Ikan tidak hanya berupa pemberian menu seimbang dari olahan ikan kepada anak sekolah dasar tetapi juga ada kegiatan bantuan ikan lele konsumsi untuk masyarakat serta kegiatan pameran dengan melibatkan  para pengolah hasil perikanan untuk menampilkan hasil olahannya dalam pameran atau event-event tertentu guna mengenalkan dan memasarkan hasil olahannya tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Tabanan I Made Subagia, yang dalam kesempatan tersebut hadir mendampingi Astra Daihatsu Motor Cokro dalam rangka penyerahan bantuan instalasi hidroponik di SD 1 Mambang menyambut baik dilaksankannya kegiatan GGMI di SDN 1 Mambang ini. Made Subagia berharap melalui kegiatan GGMI ini para siswa akan semakin menyukai olahan dari ikan karena ikan memiliki kandungan omega 3 dan protein yang sangat baik untuk pertumbuhan, perkembangan  dan juga untuk menjaga kesehatan.

Ditambahkan lagi oleh Kadis LH bahwa SDN 1 Mambang merupakan sekolah yang sudah mendapat predikat  sebagai Sekolah Adiwiyata yaitu Sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah dengan melaksanakan kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan, pelaksanaan  kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

“SDN 1 Mambang sudah menerapkan langkah nyata untuk mengurangi sampah plastik dengan membuat penyeker sekolah dari ecobrik. Ecobrik tersebut didapatkan dari  Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kabupaten Tabanan dan dari beberapa sekolah di Tabanan” demikian ungkapnya. Made Subagia juga berharap agar kedepannya semakin banyak sekolah-sekolah yang melakukan hal serupa.

Anak-anak di SDN 1 Mambang nampak semakin ceria menjelang dibagikannya paket menu seimbang dari olahan ikan oleh tim GGMI Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan. Sebelum pembagian paket menu tersebut,  para siswa- diajak berkreasi dengan menari dan menyanyikan lagu Aku Suka Makan Ikan (ASMI) dengan ritme dan lirik yang penuh kegembiraan. Tak hanya itu, untuk menambah semangat dan semaraknya acara, mereka juga diajak mengikuti quiz ceria dengan menjawab beberapa pertanyaan seputar dunia perikanan. Bagi siswa yang berhasil menjawab pertanyaan akan diberikan hadiah. Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan pemberian paket menu seimbang kepada semua siswa dengan menu utama yang dibuat dari olahan ikan.