Diskan Tabanan Promosikan Berbagai Menu Olahan Ikan Dalam Acara Pembukaan TMMD



Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan menggelar pameran berbagai menu olahan ikan dalam rangka memeriahkan acara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 Kodim 1619 Tabanan pada Rabu 2/9 di lapangan umum Desa Gubug, Kecamatan Tabanan

TMMD yang diberi tema “Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan untuk Kesejahteraan Rakyat” ini diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Tabanan I Made Dirga, turut hadir dalam upacara tersebut Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh. A.M. Suharyadi, Dandim 1619 Tabanan beserta jajaran, Kejari Tabanan Ni Wayan Sinaryati, Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan I Gede Susila, Wakapolres Tabanan, dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.

Ketua DPRD Tabanan dalam sambutannya menyampaikan bahwa TMMD memiliki tujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di daerah pedesaan melalui pembangunan fisik maupun non-fisik serta memantapkan kemanunggalan TNI dan Rakyat. “Melalui kegiatan TMMD ke 106 ini, Saya menaruh harapan besar agar kegiatan ini sebagai titik bangkit dalam memicu dan memotivasi usaha kita memberdayakan masyarakat sebagai subyek pembangunan dengan semangat dan jiwa baru yang berintegritas, ber-etos kerja dan gotong-royong, yang pada akhirnya akan mempengaruhi jalannya penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan nasional, khususnya di Provinsi Bali.” demikian ungkapnya.

Sebagai salah satu OPD yang diundang untuk memeriahkan acara, Diskan Tabanan menampilkan berbagai menu olahan ikan pada salah satu stand yang telah disediakan untuk memperkenalkan macam-macam produk olahan hasil perikanan seperti, Sate ikan Tuna, Kripik Belut, Teri Wijen, Chips Ikan, Kripik Kulit Patin, Otak-Otak Ikan, Siomay Ikan dan berbagai olahan ikan lainnya.

 

Seperti yang dijelaskan oleh I Made Dedy Darma Saputra yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan, menyampaikan bahwa kegiatan pameran berbagai menu olahan ikan tersebut bertujuan untuk mempromosikan berbagai menu dari olahan ikan yang mungkin belum begitu familiar di masyarakat serta untuk mengedukasi masyarakat terutama generasi muda tentang pentingnya mengkonsumsi ikan sejak usia dini.

Selain memamerkan berbagai menu olahan ikan, dalam kesempatan tersebut para pengunjung diajak untuk mencoba berbagai olahan ikan tersebut. Pengunjung yang berkesempatan mencicipi menu yang disediakan tampak senang dan antusias merasakan nikmatnya hasil olahan ikan tersebut.