Aneka Tanaman untuk Pakan Gurami



Ikan Gurami (Osphronemus gouramy) sebagai ikan herbivora memang paling gemar menyantap hijauan. Baik itu tanaman air maupun tanaman yang hidup di darat. Salah satu tanaman yang disukai ikan gurami adalah tanaman Sente (Alokasia macrorrhizos)

Tanaman sente atau dikenal juga sebagai tanaman talas ini memang identik sebagai pakan ikan gurami. Di mana ada kolam gurame, maka di situ bisa dipastikan  ada tanaman sente. Pembudidaya yakin Alokasia macrorrhizos itu merupakan pakan wajib gurame. Bisakah fungsinya digantikan dengan tanaman lain?

Bagi pembudidaya ikan gurami untuk menanam sente 2-3 bulan sebelum menebar benih gurami merupakan hal yang lumrah. Daun kerabat keladi itu merupakan pakan utama gurami. Di Jawa, khususnya di Jawa Barat, pembudidaya gurami biasanya mewajibkan memberikan sente sebagai pakan utama dalam pembesaran gurami. Menurut informasi yang mereka ketahui, bahwa daun sente kaya serat yang dapat memperlancar proses pencernaan gurami.

Tanaman sente memiliki kandungan senyawa saponin, flavonoid, dan polifenol yang terdapat pada tangkai dan daun sente. Kandungan senyawa tersebut dapat meningkatkan daya tahan ikan terhadap serangan penyakit, terutama penyakit bisul dan mata belo.

Oleh karena itu, banyak pembudidaya yang mewajibkan pemberian pakan hijauan berupa tanaman sente. Pada saat pemberian sente ini sebaiknya dipisah antara daun dan tangkainya. Daun sente dapat diberikan secara langsung kepada ikan. Perlakuan pemberian tangkai terlebih dahulu diiris tipis agar tangkai dapat seluruhnya dimakan oleh gurami, mengingat cara makan gurami adalah menyabik makanannya.

Sente baik untuk diberikan sebagai pakan hijauan dan tambahan untuk menyiasati harga pakan pabrik yang makin mahal, tapi bukan yang utama. Apalagi kini sente makin sulit didapat.  Oleh karena itu,  perlu dicari  jenis tanaman lain yang bisa dijadikan pakan hijauan untuk gurami.

 

Pakan Hijauan Alternatif

Banyak pembudidaya gurami memberikan daun pepaya sebagai pakan hijauan pada gurami. Padahal daun pepaya tidak disarankan, karena kandungan getah papain tinggi yang dapat merusak kualitas air.

Pakan hijauan selain sente yang dapat diberikan pada gurami di antaranya adalah  sayuran caisin, kangkung darat, dan jenis-jenis talas.

Pemberian daun caisin pada gurami tidak kalah dengan pemberian sente. Kesehatan gurami tetap terjaga dan pertumbuhan gurami tetap dapat tumbuh dengan baik. Jika dibandingkan harganya, harga caisin lebih terjangkau daripada harga sente.

Kangkung darat juga dapat dijadikan pilihan  untuk pakan gurami. Kangkung darat dapat ditanam pada pinggir kolam. Bahkan kangkung darat banyak ditemukan karena dapat tumbuh secara alami dengan sendirinya di pinggir kolam. Keuntungan menanam kangkung darat ini karena pertumbuhannya lebih cepat tumbuh daripada sente. Jika sente butuh tempat sedikit terlindung dan kelembapan tinggi untuk dapat tumbuh, kangkung darat adaptif di lingkungan tanpa naungan.

Talas (Xanthosoma violaceum) juga baik bagi gurami. Namun, lantaran bergetah, pembudidaya gurami sebaiknya melayukan daun talas sebelum memberikannya pada gurami.  Apa pun jenis dedaunan yang diberikan sebagai pakan hijauan, sebaiknya masih muda dan mudah dicerna.  Selain itu, pemberian dedaunan itu sebaiknya tidak lebih dari dua persen dari bobot tubuh per hari. (Agus Rochdianto,  Penyuluh Perikanan Madya di Dinas Perikanan Tabanan)