Dukung Program Peningkatan Kompetensi Perikanan, UPTD Produksi Perikanan Budidaya Diskan Tabanan Menerima Prakerin Siswa SMKN 1 Kodi



Tabanan- Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan menerima kedatangan rombongan siswa   SMKN 1 Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya pada Selasa, (10/9), yang akan melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di unit-unit pembenihan UPTD Produksi Perikanan Budidaya (UPTD PPB) Diskan Tabanan.

Rombongan siswa prakerin dari SMKN 1 Kodi diterima langsung oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan, AA. Raka Icwara yang didampingi oleh Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan Diskan, I Made Dedy Darmasaputra serta Ka UPTD PPB, I Nyoman Punia Yasa. Rombongan siswa tersebut diterima di Kantor Diskan Tabanan.

Bertindak selaku guru pendamping sekaligus sebagai pimpinan rombongan, Ibu Marlyn dalam perkenalannya menyampaikan bahwa siswa yang akan melaksanakan kegiatan prakerin di Dinas Perikanan Tabanan dalam tahun ajaran kali ini berjumlah 13 orang yang terdiri dari 2 orang siswa laki-laki dan 11 orang wanita. Tujuan dari pelaksanaan prakerin ini adalah untuk memberikan pengalaman kerja langsung bagi para siswa serta untuk memenuhi hal-hal yang belum terpenuhi di sekolah agar standar kompetensi lulusan SMKN 1 Kodi dapat tercapai, demikian imbuhnya. Dalam kesempatan tersebut dia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemda Tabanan dan Dinas Perikanan yang telah mengijinkan dan memfasilitasi siswa SMKN 1 Kodi untuk melaksanakan kegiatan prakerin di Balai Benih Ikan di Diskan Tabanan.

Kadis Perikanan Tabanan dalam sambutannya menyampaikan beberapa pesan bagi para siswa yang akan melaksanakan prakerin agar mengikuti kegiatan praktek dengan sungguh-sungguh agar ilmu dan pengalaman yang didapat selama mengikuti kegiatan praktek di Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan bisa bermanfaat dan tentunya dapat diterapkan nanti di tempat asal masing-masing maupun nanti saat sudah bekerja di industri.

I Made Dedy Darmasaputra selaku Kabid Pengkajian dan Pengembangan yang turut mendampingi Kadis Perikanan juga mengingatkan para siswa agar selalu bersikap sopan dan disiplin saat mengikuti kegiatan praktek. Para siswa diminta agar selalu menjaga ketertiban, membantu menjaga kebersihan lingkungan praktek serta diwajibkan untuk selalu mengikuti aturan yang ada di BBI.

Sementara itu, I Nyoman Punia Yasa selaku Ka UPTD PPB, saat serah terima siswa prakerin menyampaikan bahwa kegiatan prakerin siswa SMKN 1 Kodi ini akan dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan. Kegiatan magang di balai benih ikan tersebut meliputi pendalaman teori dan praktek langsung mengenai alur dan proses  produksi benih ikan, mulai dari proses perencanaan, persiapan lahan, pengelolaan induk ikan, pemijahan , penetasan telur, pemeliharaan larva, panen benih, packing dan pemasaran benih ikan. Siswa yang mengikuti prakerin tersebut akan disebar ke empat unit BBI yaitu 4 orang siswa di BBI Unit Bolangan, 2 orang siswa di BBI Penebel, 4 orang siswa di BBI unit Pesiapan dan 3 orang siswa di BBI unti Meliling.

Sesuai dengan data yang ada di Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan, kegiatan prakerin siswa SMKN 1 Kodi kali ini merupakan kegiatan yang kesepuluh. Para siswa yang telah mengikuti kegiatan prakerin di Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan akan diberikan sertifikat sebagai bukti bahwa mereka telah melaksanakan kegiatan praktek. (asa)