NUANSA HARU DALAM APEL DISIPLIN DISKAN

NUANSA HARU DALAM APEL DISIPLIN DISKAN


Senin (1/7/2019) bertempat di halaman Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan, kembali menyelenggarakan rutinitas Apel Pagi pukul 07.30 wita. Kegiatan apel dalam suasana khidmat dan kompak ini diikuti oleh seluruh pegawai Diskan Tabanan, UPTD PPB dan Penyuluh Perikanan Kabupaten Tabanan.

Tak seperti biasanya, apel kali ini terasa berbeda dan sangat berkesan, dikarenakan pada kesempatan tersebut dirangkaikan dengan acara pelepasan dan perpisahan pegawai atas nama I Made Setyawan yang telah memasuki masa purna bakthi per 30 Juni 2019.

Bertindak selaku pembina apel, Kadis Perikanan A.A. Ngr Raka Icwara W. dalam amanatnya menyampaikan agar seluruh pegawai di lingkungan Diskan Tabanan dapat bekerja sama dalam menyukseskan segala program kegiatan Diskan Tabanan. Kadiskan Tabanan memberikan analogi seperti halnya sapu lidi, lidi jika berdiri sendiri tak akan berarti apa-apa karena sifatnya yang rapuh. Lidi akan berfungsi dengan baik jika sudah berkumpul dan diikat dalam satu ikatan sebagai sapu yang kokoh. Sapu lidi tersebut menjadi analogi yang tepat bagi pegawai dalam memaknai persatuan dalam bekerja. Bahwa satu manusia tentu akan sulit untuk melakukan hal-hal besar ketimbang banyak manusia yang bersatu bahu-membahu bekerja bersama-sama. Seorang atasan tidak akan bisa bekerja dengan baik tanpa bantuan dari bawahannya. Sehingga jika seluruh pegawai di lingkungan Diskan Tabann mau bekerja sama seperti sapu lidi maka seluruh program kerja Diskan Tabanan akan terselenggara dengan lancar.

Masih dalam amanatnya selaku pembina apel disiplin Diskan, Kadiskan Tabanan juga memberi semangat seluruh jajarannya agar terus bekerja secara maksimal untuk bisa meraih karir sesuai potensi yang dimiliki mengingat saat ini di Diskan Tabanan ada dua posisi Jabatan eselon IV yang masih kosong. Posisi kosong tersebut yaitu Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Kenelayanan yang sebelumnya dijabat oleh Ni Nyoman Rai Artini yang saat ini bertgugas di Pemprov Bali dan satu lagi posisi sebagai Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir yang sebelumnya dijabat oleh I Made Setyawan yang saat ini sudah memasuki masa pensiun.

Sekdiskan Tabanan IGN Triana juga menambahkan untuk seluruh pegawai agar tetap semangat dan meningkatkan sikap disiplin dalam bekerja. Tidak menjadikan suatu pekerjaan sebagai beban, tapi menjadikan itu suatu tantangan yang harus dilaksanakan dengan penuh kesungguhan dan tentunya juga penuh rasa tanggung jawab. Selain itu, Sekdis menghimbau seluruh pegawai Diskan Tabanan untuk dapat memahami seluruh program kegiatan Diskan Tabanan agar bisa memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas.

Apel dilanjutkan dengan kesan dan pesan pegawai yang sudah purna tugas yaitu I Made Setyawan. Sosok yang akrab dipanggil “Pak De” ini telah mengabdi sebagai ASN selama 37 tahun, 18 tahun diantaranya bertugas di Diskan Tabanan. Dirinya bercerita mengenai perjalanan karir selama bekerja, dimana sempat mengabdi sebagai honorer selama 4 tahun di Kabupaten Badung yang kemudian pada tahun 1985 diangkat menjadi ASN dan dipindah tugaskan ke Kabupaten Tabanan. Dalam pesannya, dirinya berharap agar tali silahturahmi antar seluruh pegawai Diskan Tabanan tidak terputus meskipun sudah purna tugas. “Rumah saya di Sempidi, kalau misalkan ada rekan-rekan yang kebetulan lewat silahkan mampir. Semisalnya ada masalah di jalan yang dekat dengan daerah rumah saya, telpon saja saya, sebisa mungkin saya akan bantu” ujarnya. Sebagai penutup, I Made Setyawan mengucapkan rasa terima kasih atas ilmu dan pengalaman yang didapat selama bekerja di Diskan Tabanan serta memohon maaf apabila dirinya memiliki salah dalam perkataan dan perbuatan.

Kesan dan pesan ditutup dengan pemberian piagam penghargaan pengabdian di bidang perikanan oleh Kadiskan yang didampingi oleh Sekdiskan kepada I Made Setyawan sebagai tanda terima kasih selama mengabdi di Dinas Perikanan. Apel di akhiri dengan Puja Tri Sandya.