Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan Ajak Anak-anak di Tabanan Gemar Makan Ikan

Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan Ajak Anak-anak di Tabanan Gemar Makan Ikan


Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan melaksanakan giat kampanye peningkatan konsumsi ikan melalui Gerakan Gemar Makan Ikan (GGMI) bagi siswa-siswi di SDN 1 Payangan, Kecamatan Marga pada, Selasa (11/6/2019).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan serupa yang telah dilaksanakan sebelumnya yaitu GGMI di SDN 1 Antapan, Kecamatan Baturiti pada, Rabu (29/5/2019) dan GGMI di SDN 2 Rejasa, Kecamatan Penebel pada Senin (10/6/2019).

Gerakan Gemar Makan Ikan merupakan kegiatan Diskan Tabanan dengan sumber dana dari APBD Kabupaten Tabanan Tahun 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat melalui kampanye gemar makan ikan. Pelaksanaan GGMI menyasar siswa-siswi Sekolah Dasar dengan harapan akan tertanam pemahaman tentang pentingnya mengkonsumsi ikan sejak usia dini sebagai sumber protein hewani dengan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan terutama bagi anak-anak sehingga  pertumbuhan dan perkembangannya tetap optimal.

Giat Gemar Makan Ikan di SDN 1 Payangan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan, Ir. A.A. Ngr Raka Icwara W, M.Si. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemilihan SDN 1 Payangan, SDN 1 Antapan dan SDN 2 Rejasa sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan GGMI ini karena lokasi dari sekolah-sekolah tersebut merupakan daerah yang terkenal sebagai penghasil sayur-sayuran, sehingga melalui  kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keinginan masyarakat sekitar, khususnya para siswa yang mengikuti kegiatan ini untuk lebih sering mengkonsumsi ikan sebagai lauk pendamping nasi yang dikombinasikan dengan sayuran produksi lokal guna menyeimbangkan sumber nutrisi sehari-hari.

Serangkaian dengan acara GGMI tersebut, para siswa juga dilatih berkreasi melalui gerak dan lagu Aku Suka Makan Ikan (ASMI) dengan ritme dan lirik yang penuh kegembiraan. Tak hanya itu, untuk menambah semangat dan semaraknya acara, mereka juga diajak mengikuti quiz ceria dengan menjawab beberapa pertanyaan seputar dunia perikanan. Bagi siswa yang berhasil menjawab pertanyaan akan diberikan hadiah.

Kegiatan Gerakan Gemar Makan Ikan di SDN 1 Payangan ini diakhiri dengan pemberian paket menu seimbang kepada semua siswa dengan menu utama yang dibuat dari olahan ikan. Acara kemudian ditutup dengan foto bersama seluruh peserta dan pelaksana kegiatan.