Peningkatan Wawasan Kelompok Perikanan melalui Pelatihan di Desa Sesandan, Kecamatan Tabanan

Peningkatan Wawasan Kelompok Perikanan melalui Pelatihan di Desa Sesandan, Kecamatan Tabanan


Diskan – Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan melaksanakan kegiatan Pelatihan Budidaya Ikan di Desa Sesandan, Kecamatan Tabanan pada 7 s/d 9/5/19 di Balai Banjar Sandan Tegeh. Kegiatan ini diikuti oleh pembudidaya ikan se- Kecamatan Tabanan sejumlah 25 orang.

Pelatihan ini merupakan kegiatan rutin tahunan Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan pembudidaya ikan di Kabupaten Tabanan. Pelatihan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan Ir. A.A. Ngr Raka Icwara W, M.Si yang didampingi oleh Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan (Kabid PP Diskan Tabanan). Turut hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan Polsek Tabanan, perwakilan Danramil Tabanan, dan Kepala Desa Sesandan.

Selama 3 hari, pembudidaya ikan diberikan pelatihan mengenai teknik budidaya ikan air tawar mulai dari pembenihan sampai dengan pemasaran hasil perikanan. Materi pelatihan diisi langsung oleh Kadiskan Tabanan, para Kabid, Kasi, Kasubag dan Penyuluh di lingkungan Diskan Tabanan.

Kadiskan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Tabanan memiliki potensi perikanan yang sangat tinggi namun saat ini masih belum banyak dikembangkan. Dengan adanya pelatihan ini Kadiskan Tabanan berharap pembudidaya ikan di  Tabanan dapat memaksimalkan usaha budidaya ikan dengan menerapkan materi yang didapat selama pelatihan.

Pada kesempatan yang sama Kepala Desa Sesandan juga menambahkan agar kegiatan pelatihan budidaya ikan dapat dilakukan secara berkelanjutan serta bisa dilaksanakan di daerah lainnya di Kabupaten Tabanan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pembudidaya ikan.

Salah satu pembudidaya ikan, Bapak Nengah mengatakan dirinya sangat mengapresiasi acara pelatihan ini karena materi yang diberikan dapat membantu pembudidaya ikan dalam mengembangkan usahanya. Diharapkan pelatihan seperti ini dapat lebih sering dilaksanakan untuk menambah wawasan pembudidaya ikan di Kabupaten Tabanan untuk lebih maju mengingat perkembangan ilmu dan teknologi dibidang perikanan yang semakin meningkat. Kegiatan pelatihan budidaya ikan di Desa Sesandan diakhiri dengan pemberian sertifikat pelatihan bagi pembudidaya ikan yang telah mengikuti pehatihan selama 3 hari berturut turut.