PRODUK OLAHAN IKAN KABUPATEN TABANAN BISA DIPESAN SECARA ONLINE

PRODUK OLAHAN IKAN KABUPATEN TABANAN BISA DIPESAN SECARA ONLINE


Diskan Tabanan – Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) hasil produksi perikanan di Kabupaten Tabanan kini bisa memasarkan hasil olahannya secara online melalui mekanisme kerjasama dengan BUMDes dan Perusahaan Daerah Dharma Shantika (PDDS). Demikian disampaikan oleh I Made Pasek, yang sehari hari bekerja sebagai karyawan di PD Dharma Santhika, Rabu (15/4/2019) di Gudang pengiriman PD. Dharma Shantika di Jl. Majapahit no. 12, Desa Denbantas, Tabanan.

Masih menurut Made Pasek, saat ini produk olahan hasil perikanan yang dipasarkan melalui PD. Dharma Santhika yaitu belut goreng yang diproduksi oleh Poklahsar Taman Grya di Desa Nyambu, Kediri. Belut goreng yang dipasarkan tersebut tersedia dalam dua jenis kemasan yaitu isi 100gr dan 250 gr.”Saat ini memang baru satu jenis produk olahan perikanan yang dipasarkan secara online, namun kedepannya tidak menutup kemungkinan bagi produk olahan yang lain seperti pastel ikan, abon lele, krupuk kulit patin dan yang lainnya. Yang penting produk tersebut bermutu sesuai standar yang ada” demikian tambahnya.

Lebih lanjut dalam keterangannya, I Made Pasek menyampaikan saat ini produk-produk PDDS bisa dipesan melalui beberapa situs pemasaran online yaitu Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Belanja.Com, Lazada dan Shopee. Selain dipasarkan secara online, untuk meningkatkan jangkauan pemasaran, PD. Dharma Shantika juga sudah menjalin kerjasama dengan beberapa toko modern berjaringan. Khusus untuk produk belut goreng, saat ini sudah dipasarkan di toko Tiara Dewata, Hardy’s dan Delta Ubud.

Ir. AA. Ngr. Raka Icwara W. M.Si Kadis Perikanan Tabanan secara terpisah menyampaikan bahwa Diskan Tabanan selaku OPD yang menaungi langsung kebijakan pembangunan di bidang perikanan, selalu konsisten mengupayakan peningkatan kualitas dan kuantitas produk olahan perikanan yang diproduksi oleh Poklahsar- Poklahsar dibawah binaan Diskan Tabanan. Upaya peningkatan kualitas dan kuantitas produksi olahan ikan tersebut dilakukan dengan memberikan pembinaan dan pelatihan teknis secara rutin berkesinambungan serta dengan fasilitasi bantuan peralatan olahan dari pemerintah bagi Poklahsar. Ditambahkannya bahwa kedepannya Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan akan selalu mensosialisasikan kepada Poklahsar agar menjalin kerjasama pemasaran dengan BUMDes dan PD. Dharma Shantika untuk menyalurkan hasil produksinya.