P2MKP KARYA LESTARI TABANAN MENERIMA KUNJUNGAN STUDI TIRU UPP PERIKANAN SLEMAN

P2MKP KARYA LESTARI TABANAN MENERIMA KUNJUNGAN STUDI TIRU UPP PERIKANAN SLEMAN


Diskan Tabanan – Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Karya Lestari Tabanan, menerima kunjungan studi tiru dari rombongan sebanyak 14 orang yang dipimpin oleh Saptana selaku Ketua Unit Pelayanan Pengembangan (UPP) Perikanan Sembada dan juga sebagai ketua forum P2MKP Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (13/4/2019) di sekretariat P2MKP Karya Lestari, Desa Dauh Peken, Tabanan.

Hadir langsung dalam penyambutan, Ketua P2MKP Karya Lestari Ni Made Putriningsih Wirna bersama Sekretaris Dinas Perikanan Ir. I GN Triana, M.Si. Dalam sambutanya Ketua P2MKP Karya Lestari memberikan sambutan hangat kepada rombongan dari UPP Perikanan Sembada Forum P2MKP Kabupaten Sleman. Dia menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian dan apresiasi dari rombongan yang telah menilai dan menjatuhkan pilihan pada P2MKP Karya Lestari sebagai tempat yang layak dan patut untuk melaksanakan studi tiru tersebut.

Ni Made Putriningsih Wirna juga menjelaskan awal mula berdirinya P2MKP Karya Lestari, dimana disebutkan bahwa P2MKP Karya Lestari pada awalnya merupakan Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) yang melakukan kegiatan pengolahan dan pemasaran produk perikanan seperti nugget, kaki naga, bakso ikan, dan aneka produk olahan ikan lainnya. Kemudian seiring berjalannya waktu, Poklahsar Karya Lestari juga melaksanakan kegiatan pelatihan untuk pengolahan ikan. Hingga akhirnya pada tahun 2012 dipercaya untuk membentuk P2MKP. Selanjutnya pada tahun 2018, P2MKP Karya Lestari kemudian dipercaya untuk menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) kelautan dan perikanan.

Sekdis Perikanan, Ir. I GN Triana, M.Si, menambahkan dalam paparannya mengenai potensi dan pembangunan perikanan dan kelautan di Kabupaten Tabanan. Seperti yang disampaikannya, Kabupaten Tabanan memiliki potensi perikanan yang sangat tinggi dan masih sangat mungkin untuk dikembangkan. Menurutnya, potensi perikanan budidaya di Kabupaten Tabanan tidak Jauh Berbeda dengan di Kabupaten Sleman. Masih menurut Ir. I GN Triana, M.Si, Kabupaten Tabanan juga memiliki UPP Perikanan, yang pernah menjadi juara pertama tingkat nasional, sedangkan untuk P2MKP saat ini ada sebanyak 6 P2MKP di Kabupaten Tabanan.

Sementara itu Saptana selaku pemimpin rombongan menyatakan bahwa dipilihnya P2MKP Karya Lestari sebagai lokasi tiru karena selama ini P2MKP Karya Lestari memiliki aktifitas yang cukup tinggi dalam pelaksanaan pelatihan. Dia juga menyatakan keinginannya untuk mengetahui dan meniru langkah-langkah yang harus ditempuh agar bisa menjadi TUK Kelautan dan Perikanan serta kiat-kiat yang dilakukan oleh P2MKP Karya Lestari dalam penyusunan dan pelaksanaan program pelatihan yang telah dilaksanakan selama ini.