Akses Permodalan Usaha Kelautan dan Perikanan Melalui BLU-LPMUKP

Akses Permodalan Usaha Kelautan dan Perikanan Melalui  BLU-LPMUKP


BLU merupakan sebuah instansi di lingkungan pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efesiensi dan produktivitas. Badan Layanan Umum Lembaga Pengelolaan Modal Usaha Kelautan (BLU LPMUKP) berdiri setelah dihentikannya program  Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir dan Program Dana Penguatan Modal (DPM) Perikanan Budidaya Pada Tanggal 15 September 2009

LPMUKP ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum (BLU) dengan status BLU penuh pada tanggal 20 September 2016 melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 710/KMK.05/2016 tentang penetapan LPMUKP sebagai instansi pemerintah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.

Sebagai badan layanan umum, LPMUKP Kementerian Kelautan dan Perikanan ditugaskan untuk melaksanakan pelayanan bagi pinjaman atau pembiayaan dana bergulir yang berpendampingan, artinya bahwa UMKM-KP yang mendapatkan fasilitas pembiayaan dari lembaga ini mendapatkan pula jasa pendampingan usaha dari tenaga pendamping yang ditunjuk.

Dengan cara tersebut diharapkan pinjaman yang sudah digulirkan dapat tepat sasaran dan lancar dalam pengembalian. Dan yang lebih penting lagi dengan adanya pendampingan usaha, maka pelaku UMKM-KP dapat melakukan konsultasi bagi pengembangan usahanya kedepan setelah mendapatkan tambahan modal

LPMUKP memiliki tugas utama untuk memberikan layanan pinjaman atau pembiayaan dan bergulir yang  berpendampingan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sektor Kelautan dan Perikanan.

Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan memberikan solusi permodalan bagi pelaku usaha kelautan dan perikanan dengan Suku Bunga 3% PERTAHUN

  • Jangka waktu peminjaman :
  1. 12 Bulan (1 tahun)
  2. 24 Bulan (2 tahun)
  3. 36 Bulan (3 tahun)
  4. 48 Bulan (4 bulan)
  5. 60 tahun (5 tahun)
  • Jangka waktu pembayaran anggsuran :
  1. Bulanan
  2. Triwulan (3 Bulan)
  3. Semester (6 Bulan)

TARGET PENGUATAN MODAL USAHA LPMUKP (YANG BISA MENGAKSES MODAL)

  1. Usaha Penangkapan Ikan
  2. Usaha Pengolahan dan Pemasar Hasil Perikanan
  3. Usaha Pembudidaya Ikan
  4. Usaha Garam Rakyat
  5. Usaha Masyarakat Pesisir, Kedai Pesisir, Wisata Bahari

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 3/PERMEN-KP/2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) telah menegaskan tentang tugas utama LPMUKP yaitu melakukan pengelolaan pinjaman/pembiayaan dana bergulir yang berpendampingan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Sektor Kelautan dan Perikanan (UMKM-KP). Adanya pengaturan ini telah memberikan penegasan tentang adanya kegiatan layanan pendampingan yang diberikan LPMUKP sebagai komponen penting dari usaha mitigasi risiko dalam pengelolaan dana bergulir. Tenaga Pendamping LPMUKP melakukan pendampingan, memeriksa dan menyetujui proposal permohonan yang disampaikan oleh pemohon calon debitur LPMUKP.

Setiap Lokasi Layanan LPMUKP dilengkapi dengan paling tidak satu orang Tenaga Pendamping pada Lokasi Layanan Pendampingan. Oleh karena itu, pemohon dalam menyampaikan proposal permohonan pinjaman atau pembiayaan dana bergulir LPMUKP, diwajibkan untuk menyampaikannya serta mendapatkan persetujuan untuk disampaikan dari Tenaga Pendamping LPMUKP. Untuk Kabupaten Tabanan, Tenaga Pendamping LPMUKP dapat dihubungi di No Hp 085 238 161 650 ( Ni Luh Dede Deny Ariwidani, S. Tr.Pi)