Upaya Menjaga Kelestarian Lingkungan Perairan Melalui Program Restocking Dinas Perikanan Kab. Tabanan

Upaya Menjaga Kelestarian Lingkungan Perairan Melalui Program Restocking Dinas Perikanan Kab. Tabanan


Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan, Ir. A.A. NGR Raka Icwara W, M.Si atau yang akrab disapa Gung Raka, menghadiri acara pelepasliaran benih ikan pada Jumat (22/3/2019) di saluran irigasi Subak Cepik Desa Tajen.

Sebagai Kepala Dinas Perikanan yang baru menjabat kurang dari dua bulan, Gung Raka langsung tancap gas. Beliau tidak segan-segan turun ke lapangan untuk memberi arahan dan pembinaan bagi staf dan masyarakat pelaku utama perikanan. seperti yang dilakukannya dalam kegiatan pelepasliaran benih ikan diperairan umum atau yang dikenal dengan istilah restocking di saluran irigasi Subak Cepik.

Kegiatan serah terima dan penebaran benih ikan di Subak Cepik juga dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat diantaranya Kepala Dusun Cepik, Pekaseh Subak Cepik, pembudidaya ikan di Dusun Cepik serta Penyuluh Perikanan yang mewilayahi Desa Tajen.

Disela-sela kegiatan serah terima benih, dengan didampingi oleh Ir. I Kade Artina, M.Si selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Pembudidaya Ikan Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan beserta tim pelestarian sumberdaya perikanan lainnya, Ir. A.A. NGR Raka Icwara W, M.Si menyampaikan kepada masyarakat yang hadir dalam acara tersebut mengenai tujuan dan harapan dari program restocking yang dilaksanakan tersebut.

Ir. A.A. NGR Raka Icwara W, M.Si menyampaikan tujuan dari restocking yaitu untuk meningkatkan stock atau populasi ikan di perairan umum ,melestarikan keanekaragaman sumberdaya ikan kemudian tujuan selanjutnya yaitu untuk meningkatkan produksi perikanan tangkap jika perairan tersebut dimanfaatkan sebagai tempat penangkapan ikan, sehingga dari semua tujuan tersebut akan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar lingkungan perairan tersebut.

Dari segi sosial, kegiatan restocking ini juga diharapkan dapat memberikan edukasi bagi masyarakat mengenai arti penting dari menjaga kelestarian alam, khususnya sumberdaya perairan agar dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan bagi generasi yang akan datang. Begitu penekanan yang disampaikan oleh Kadis Perikanan saat memberi pengarahan bagi masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

Kabid PPI, Ir. I Kade Artina, M.Si yang turut hadir mendampingi Kepala Dinas Perikanan juga memberikan pesan kepada masyarakat yang hadir untuk selalu menjaga dan merawat saluran irigasi yang sudah ditebari benih ikan tersebut, terutama menjaganya dari pencemaran limbah dan sampah, agar benih ikan yang telah ditebar dapat tumbuh dan berkembang biak sehingga kedepan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat di Dusun Cepik dan sekitarnya.

Kegiatan restocking di saluran irigasi Subak Cepik kemudian diakhiri dengan melakukan aksi sosial berupa pembersihan sampah-sampah plastik disekitar lokasi kegiatan.(asa)