Penyelarasan Perencanaan Pembangunan di Bidang Perikanan Melalui Forum OPD Diskan Tabanan

Penyelarasan Perencanaan Pembangunan di Bidang Perikanan Melalui Forum OPD Diskan Tabanan


Dinas Perikanan Kabupaten Tabanan menggelar Forum OPD di ruang pertemuan LT II BBI Pesiapan, Jumat (15/3/19), dalam rangka menggali ide-ide, gagasan serta saran dari perwakilan masyarakat pelaku utama perikanan di Kabupaten Tabanan yang akan diselaraskan dengan rencana program dan kegiatan Dinas Perikanan tahun 2020.

              Forum OPD Diskan Tabanan merupakan sebuah forum yang digunakan sebagai ajang diskusi bagi para pemangku kepentingan di sektor perikanan di wilayah Kabupaten Tabanan untuk merumuskan kebijakan strategis di Diskan Tabanan agar selaras dengan RPJM Semesta Berencana yang dirancang untuk program pembangunan bidang perikanan selama 5 tahun, hingga tahun 2021 serta untuk menghasilkan perencanaan yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang ada di masyarakat.

              Pertemuan yang dilaksanakan dengan metode diskusi tersebut dipimpin oleh Kepala Dinas Perikanan Tabanan, Ir. AA. NGR Raka Icwara W., M.Si yang didampingi oleh Sekdis Perikanan Ir. IGN Triana, M.Si sebagai pemandu jalannya pertemuan serta para Kabid, Kasi dan Kasubag di lingkungan Diskan Tabanan. Pertemuan juga dihadiri oleh perwakilan dari Pelaku Utama Perikanan (PUMAKAN) yang ada di Kabupaten Tabanan yang terdiri dari perwakilan masyarakat pengolah dan pemasar hasil produksi perikanan, perwakilan masyarakat pembudidaya ikan, Perwakilan kelompok nelayan, perwakilan koperasi perikanan, Penyuluh Perikanan dan unsur LSM  peduli lingkungan.

Diskusi dalam forum OPD Diskan Tabanan tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan, salah satunya yaitu agar dalam perencanaan program dan kegiatan Diskan Tabanan Tahun 2020 mencantumkan program dan kegiatan yang mendukung peningkatan usaha budidaya ikan, usaha penangkapan ikan oleh nelayan, usaha pengolah dan pemasar ikan serta mencantumkan program-program untuk upaya pelestarian lingkungan terutama pelestarian sumberdaya perikanan